10 Profesi Ini Segera Digantikan Kecerdasan Buatan

Oleh Steffi Teowira, 6 years ago
5. HR

Bisa tergantikan oleh: FlatPi dan Mya

FlatPi dapat membaca lamaran kerja yang masuk dan mengkategorikan kandidat sesuai kebutuhan lebih cepat dalam waktu beberapa detik saja. Sektor Human Resource konvensional juga mendapat tantangan dari FirstJob, perusahaan konsultasi karier di, yang baru-baru ini meluncurkan chatbot bernama Mya yang bisa berinteraksi dengan kandidat untuk mengabarkan status lamaran kerja mereka.

6. Jurnalis

Bisa tergantikan oleh: Wordsmith

Dunia kreatif pun tidak luput dari tantangan teknologi. Program AI semacam Wordsmith telah melalui sejumlah tahap uji coba untuk menulis berita. Program ini dapat melakukan riset dengan cepat dari kolam data yang besar, dan membuat laporan berita secara efisien. 

7. Editor

Bisa tergantikan oleh: Bold

Pekerjaan yang butuh cipta kreatif seperti jurnalis saja bisa tergantikan dan editor pun tak luput. Bold adalah program yang mampu memberi input dan ide revisi, sembari membantu melakukan perbaikan terhadap struktur kalimat.

8. Pengacara

Bisa tergantikan oleh: Ross

Lebih seperti asisten pengacara, Ross dapat melakukan riset, menyediakan teori hukum yang relevan, dan mencari data yang berhubungan dengan kasus. Semua ini adalah jenis pekerjaan yang biasanya menghabiskan banyak waktu. Efisiensi Ross pun menarik perhatian firma hukum Amerika Serikat, Baker & Hostetler untuk bekerja bersama dengan 50 pengacara di sektor hukum kepailitan.

9. Dokter

Bisa tergantikan oleh: Babylon

Diagnosa penyakit sendiri mungkin tidak disarankan oleh pekerja medis profesional, namun seiring perkembangan zaman, robot dan aplikasi konsultasi kesehatan mulai meraih kepopuleran, misalnya aplikasi Alodokter di Indonesia. Aplikasi robot Babylon selain dapat melayani konsultasi personal juga dapat menjadi asisten yang menyimpan data kesehatan Anda untuk keperluan masa depan. Layanan kesehatan publik Inggris (British National Health Service) pun sedang melakukan tes terhadap efektivitas Babylon.

10. Psikolog/Terapis

Bisa tergantikan oleh: Ellie

Menggunakan sensor Kinect yang sensitif membaca dan merespon bahasa tubuh klien, Ellie adalah program AI yang dapat tersenyum, mengangguk, dan menggelengkan kepala menggunakan avatar komputer, selayaknya psikolog yang mendengarkan keluhan pasiennya. Kabarnya banyak klien yang lebih memilih untuk konsultasi dengan Ellie daripada psikolog biasa.—Qerja.com

BACA JUGA:

5 Tahun ke Depan, Kecerdasan Buatan Akan Menggantikan Manusia
7 Jurusan Kuliah Dengan Lapangan Kerja Paling Luas


Sebelumnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami