Lima Kiat Mengatasi Jetlag Sehabis Liburan

Oleh Steffi Teowira, 6 years ago

2. Minum banyak air
Minum air cukup bisa membantu meringankan efek jetlag dengan meregulasi ritme tubuh agar Anda tidak merasa terlalu lelah dan lemas. Jangan tergantung kopi untuk tetap bangun atau alkohol agar Anda bisa tidur. Kafein efeknya singkat dan menyebabkan tubuh Anda dehidrasi, sementara alkohol nanti akan membuat sakit kepala yang Anda rasakan menjadi semakin parah.

3. Istirahat yang cukup
Jangan memaksakan diri jika merasa lelah bahkan bila harus langsung kembali bekerja. Anda bisa menjadwalkan tidur siang berkala di tempat kerja. Selain baik untuk mengurangi efek jetlag, tidur siang juga membantu meningkatkan produktivitas Anda.

4. Menyesuaikan diri dengan zona tujuan
Ketika mendarat, sebaiknya segera sesuaikan aktivitas Anda dengan waktu setempat, misalnya makan dan tidur sesuai dengan jam di zona waktu baru. Hal ini agar tubuh Anda mendapat 'pengumuman' bahwa waktu sudah berubah dan ritme tubuh Anda bisa disesuaikan.

5. Melakukan persiapan sebelum perjalanan
Ada hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan sebelum bepergian untuk meringankan efek jetlag nantinya. Beberapa hari sebelumnya, coba perlahan sesuaikan jam aktivitas Anda dengan zona area tempat Anda akan bepergian nanti, misalnya dengan menggeser jam tidur lebih awal bila bepergian ke zona waktu di depan zona saat ini agar Anda terbiasa. Selain itu, pastikan agar Anda nyaman dan istirahat cukup sebelum terbang.—Qerja.com


Sebelumnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami