10 Tips Untuk Mengatasi Bad Mood di Kantor

Oleh Steffi Teowira, 6 years ago

Bad mood menyerang ketika Anda sedang bekerja? Apapun alasan kemunculannya, perasaan yang tidak karuan di kantor berisiko menurunkan produktivitas kerja dan bahkan merusak hubungan dengan rekan kerja. Kok bisa? Well, ketika Anda bad mood, Anda bisa jadi malas bekerja dan emosi Anda mudah tersulut, bukan? Anda bisa memilih menyerah begitu saja dan mengerutkan dahi sepanjang hari, atau menyerang balik dengan 10 tips untuk mengatasi bad mood di kantor.

1. Cari Sumber Masalah

Jika Anda tahu pasti penyebab bad mood Anda, Anda tentu dapat lebih mudah mengatasinya dan mengakalinya agar tidak mudah merusak suasana hati Anda lain kali. Jika perasaan tidak enak muncul karena konflik dengan rekan kerja, silakan atasi dengan kekeluargaan atau bicarakan dengan HR. Permasalahan pribadi? Kami turut bersimpati, namun lingkungan kerja adalah tempat Anda mencurahkan energi profesional. Setelah meninggalkan kantor, Anda bebas untuk memikirkan solusinya, namun untuk saat ini, berusahalah untuk fokus pada pekerjaan di depan mata.

2. Cetak Prestasi Kecil

Jangan meremehkan efek dari prestasi-prestasi kecil. Bila Anda terserang bad mood akibat perkara proyek, coba alihkan perhatian Anda pada porsi pekerjaan lain. Tidak perlu yang terlalu menuntut, cukup yang dapat memberi Anda merasa telah menjadi produktif. Misalnya, Anda telah menunda-nunda mengirimkan sebuah email. Gunakan waktu beberapa menit untuk menyelesaikan tugas kecil tersebut. Dengan begitu, Anda akan merasa sedikit lebih enakan karena telah berhasil 'menyelesaikan' tugas dengan baik.

3. Mendengarkan Musik

Selalu sediakan earphone atau headset untuk situasi darurat seperti ini karena musik menstimulasi produksi hormon dopamine yang bertanggung jawab mengatur kondisi emosional Anda.

4. Berjalan-Jalan

Anda tidak harus terkungkung dalam kubikel jika suasana hati memburuk. Ambil waktu beberapa menit untuk berjalan keluar kantor. Setelah sampai di tujuan, tarik nafas yang panjang, tahan beberapa detik, lalu lepaskan. Lakukan beberapa kali. Nikmati waktu Anda beberapa saat hingga Anda merasa lebih rileks. 

5. Pikirkan Hal-Hal Yang Membuat Anda Tersenyum

Apa saja! Baik itu lelucon yang Anda dengar kemarin, video lucu yang dikirimkan teman, wajah orang yang Anda sayangi, atau hal-hal lain yang lazimnya membuat Anda tersenyum dan tertawa.

6. Tuliskan Hal-Hal Yang Anda Syukuri


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami