Baru Pertama Kali Jadi Bos? Ini 5 Masalah yang Akan Anda Hadapi (dan Cara Mengatasinya)

Oleh Tri Susanto, 7 years ago
Ada yang sangat workaholic dan hobi bekerja hingga larut malam, ada yang hobinya santai dan baru akan panik saat deadline pekerjaan datang.

Yup, tidak bisa mengatur waktu memang jadi penyakit orang muda, bahkan juga pada mereka yang sudah memiliki posisi karir yang tinggi. Yang bisa Anda lakukan adalah mulai serius dalam mengatur managemen waktu. Pastikan semua kegiatan Anda terjadwal dengan baik dan mulailah untuk taat pada deadline dan jadwal yang sudah dibuat. 

4. Ragu Mengambil Keputusan
Ragu dalam mengambil keputusan penting juga sering dihadapi orang-orang yang baru pertama kali memimpin sebuah tim. Salah satu jalan yang bisa dilakukan adalah dengan aktif bertanya, mencari informasi, dan meminta masukan pada rekan-rekan yang ahli di bidang tersebut, atau yang pernah memiliki pengalaman serupa.

Bukan berarti Anda harus menuruti saran mereka. Jadikan input dari rekan-rekan dan teman yang lebih senior sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda membuat keputusan berdasarkan informasi tersebut dan berdasarkan hasil analisis Anda sendiri.

Jadi jangan pernah malu atau gengsi, dan pastikan mencari masukan dari banyak pihak sehingga Anda memiliki informasi yang cukup lengkap untuk mendukung apapun keputusan Anda. Jangan khawatir diremehkan mereka, karena keputusan terakhir tetap ada di tangan Anda.

5. Pekerjaan Keteteran
Semakin tinggi karir, semakin banyak tanggung jawab yang harus diemban. Memang pekerjaan sehari-hari bisa jadi lebih sedikit, namun biasanya ada hal-hal lain yang bersifat manajerial yang harus Anda tangani, misalnya pembuatan laporan, presentasi, meeting dengan berbagai pihak, hingga interview calon karyawan. Ditambah pekerjaan harian, biasanya to do list Anda jadi menumpuk dan Anda pusing sendiri.

Mintalah sekretaris atau asisten Anda untuk membuat catatan yang rinci mengenai planning kerja day-to-day sehingga akan menghindari Anda dari penumpukan pekerjaan. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan fitur kalender di email Anda untuk menjadwalkan meeting dan deadline pekerjaan, dilengkapi dengan alarm pengingat agar Anda tak lupa.


Menjadi bos untuk pertama kali memang penuh tantangan. Namun inilah saatnya Anda menunjukkan kepada semua orang, kualitas yang Anda miliki yang dianggap berharga oleh perusahaan.

BACA JUGA:

Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Kuliah S2

7 Aturan yang Harus Dipatuhi Saat Jadi Bos untuk Teman Sendiri

7 Keuntungan Menikah Muda untuk Karir Anda


Sebelumnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami