Baru Pertama Kali Jadi Bos? Ini 5 Masalah yang Akan Anda Hadapi (dan Cara Mengatasinya)

Oleh Tri Susanto, 7 years ago

Masih muda dan memiliki karir yang cemerlang adalah impian banyak orang. Tetapi pernahkah Anda berpikir kalau menduduki posisi top management di usia yang masih tergolong muda biasanya membuat kita harus lebih bekerja keras dikarenakan para karyawan—terutama yang sudah lama bekerja—sering tidak yakin dengan kepemimpinan kita? Apalagi jika ini adalah pertama kalinya kita menduduki posisi sebagai pemimpin tim.

Agar Anda tak menggagalkan kesempatan pertama menjadi manager atau supervisor di perusahaan, simak 5 masalah berikut ini dan cari tahu bagaimana mengatasinya.

1. Sering Tak dihargai Karyawan Senior
Terkadang karyawan yang usianya lebih senior atau lebih lama bekerja di perusahaan itu tidak menghargai atasan yang usianya lebih muda dari mereka. Selain sering membantah dan meremehkan, mereka juga terkesan tidak respek atau bahkan diam-diam merendahkan Anda di mata anggota tim lainnya. 

Kalau ini mirip dengan situasi Anda, jangan lantas stress dan mengalah dengan keadaan. Bila karyawan senior tersebut memiliki potensi, hindari konfrontasi yang sengaja ia ciptakan. Lebih baik ajak dia bicara mengenai masalah dalam pekerjaan dan minta solusi darinya. Dengan begitu mereka merasa dihargai, dan lambat laun akan menerima kepemimpinan Anda.

Anda harus bersikap tegas memegang kendali tetapi tetap mencoba “bersahabat” dengan mereka. Ingat, kalau Anda lemah, anggapan kalau Anda tidak mampu itu akan terbukti. 

2. Terlalu Yakin Pada Diri Sendiri
Banyak atasan yang masih muda terlalu bersemangat dalam bekerja, sehingga sering mengabaikan risiko sebelum melakukan eksekusi sebuah projek. Hal tersebut memang biasa terjadi, terutama bila si bos muda ini kurang informasi atau meminta masukan dari oleh orang-orang di perusahaannya.

Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, maka sebagai atasan yang masih baru seringlah minta masukan. Jangan mentang-mentang Anda seorang atasan, ide, saran atau masukan orang lain tidak lagi Anda perlukan.

Jangan malu meminta masukan atau pendapat anggota tim, karena justru mereka akan merasa Anda menghargai keberadaan mereka.

3. Manajemen Waktu yang Masih Payah


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami