5 Mitos yang Salah Tentang Pekerjaan Chef

Oleh Aprilia Lika, 7 years ago



Karena pekerjaannya sepanjang hari berkutat dengan makanan, saat sedang beristirahat di rumah biasanya chef tak mau “bekerja” lagi. Jangan heran jika sebagian besar chef lebih memilih makan di luar, atau menelepon pesan antar dari fast food terdekat. Kalau harus memasak untuk diri sendiri pun biasanya seorang chef akan membuat sesuatu yang mudah dan tak menghabiskan banyak waktu, seperti spaghetti, nasi goreng, atau omelet telur.

5. “Bekerja di Dapur Restoran Mudah dan Menyenangkan”



Tentu saja bekerja di mana pun akan terasa menyenangkan jika kita menikmatinya. Namun pada dasarnya, pekerjaan di dapur tak seglamor yang terlihat di televisi. Selain jam kerja panjang (rata-rata restoran tutup jam 10 malam, atau bahkan tengah malam), suasana dapur juga biasanya panas, hectic, penuh benda berbahaya (panci panas, pisau, lantai licin), dan di jam-jam sibuk sering kali tak ada waktu sama sekali untuk beristirahat.

Lengan terciprat minyak panas? Tangan teriris pisau tajam? The show must go on. Perut keroncongan? Anda harus menunggu sampai semua tamu selesai makan, sebelum akhirnya bisa beristirahat dan memberi makan diri sendiri. Weekend ingin berkumpul dengan keluarga? Sulit jika Anda seorang chef. Karena restoran biasanya paling sibuk di akhir pekan, sebagian besar chef hanya mendapat hari libur satu hari dan biasanya bukan di akhir pekan. Belum lagi saat harus menghadapi komplain pelanggan yang bahkan untuk hal kecil saja harus ditangani, dan tugas ‘customer service’ ini pun masuk ke dalam tanggung jawab seorang chef.


Jadi chef memang bukan pekerjaan mudah. Tapi jika dijalani dengan passion, semua tentu saja bisa jadi menyenangkan. Plus, gaji chef juga cukup kompetitif dengan industri lain.

Anda tertarik jadi chef? Simak lowongannya di daftar berikut ini.
Penasaran berapa gaji chef lokal? Cek di sini.

BACA JUGA:
5 Pekerjaan Paling Menjijikkan di Dunia
10 Pekerjaan Seleb Hollywood Sebelum Terkenal
Lulusan S2 Tapi Sulit Dapat Kerja? Ini Solusinya
Gaji Lebih Tinggi vs Pekerjaan Sesuai Passion. Pilih Mana?
Tips Sukses Berburu Lowongan Kerja Tanpa Ketahuan Bos

Sebelumnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami